Yudhi Wibowo
Minggu 12/02/2012
Liputan6.com, Tasikmalaya:

Merintis Pendidikan Gratis

Menggapai cita cita bukanlah sekadar impian. Inilah energi tersimpan di Kampung Cibuleud, Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Laki-laki perempuan, tua muda bersatu padu meratakan bukit membuka jalan untuk mewujudkan sekolah.

Desa yang hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Kabupaten Tasikmalaya ini, memang tercatat sebagi salah satu daerah tertinggal. Untuk bersekolah saja warga harus menempuh perjalanan jauh melintasi bukit dan jalan rusak.

Dibalik semua itu ada Ruslan Suparlan. Sarjana teknik berusia 34 tahun ini adalah satu satunya warga Cilubeud yang mengenyam pendidikan hingga lulus pendidikan tinggi. Ia tak ingin desanya terus menjadi daerah tertinggal.

Pada 2001 Ruslan mendirikan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). PKBM dinilai paling sesuai dengan kemampuan ekonomi, kebutuhan dan waktu yang dimiliki penduduk Desa Sundawenang saat itu.

Besarnya minat masyarakat mengikuti PKBM mendorong Ruslan mengubahnya menjadi SMP Al Madanyiah pada 2007 lalu. Sekolah ini menjadi sekolah pertama di Sundawenang dan tak memungut biaya dari siswanya. “Ruslan adalah pejuang pendidikan,” kata Muhammad Zen, Kadisdik Kabupaten Tasikmalaya, belum lama ini.

Namun, di sini sekolah bukan sekadar persoalan kesadaran akan pentingnya pendidikan. Buruknya prasarana dan tingginya biaya transportasi menuju sekolah menjadi kendala tersendiri.

Tapi, dengan segala keterbatasan fasilitas dan guru yang ada semangat belajar tak pernah padam. Para siswa belajar dan kerja praktek langsung di lapangan. Hasilnya dibagi rata untuk biaya operasional sekolah dan sisanya buat uang saku siswa. Dengan cara ini sekolah bisa menggratiskan siswanya dan mandiri dengan kemampuan sendiri.

Tak hanya dari Kampung Cibuleud, kini anak-anak dari Desa Jahiang, Neglasari, Kawungsari yang berjarak dua hingga lima kilometer juga menjadi siswa sekolah Ruslan. Sekolah itu kini menjadi tempat anak-anak di pedalaman Kabupaten Tasikmalaya melanjutkan pendidikan.(IAN)

Sumber : Liputan 6 siang SCTV (SOSOK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s