PROGRAM KEAHLIAN :
Tanaman Pangan Hortikultura

KATA PENGANTAR

Seluruh manusia berkewajiban mencari ilmu pengetahuan
tanpa batas umur dan batasan apapun………
Seluruh warga bangsa berhak untuk mendapatkan kesempatan Pendidkan tanpa terkecuali………….
Tak ada alasan apapun bagi siapapun untuk menolak kebenaran dengan dalil apapun……….

YAYASAN AL-MADANIYAH SALAWU
Kp Cibuleud. Desa Sundawenang, Kec Salawu Kab Tasikmalaya. 46471
e-mail: almadaniyahmadani@Yahoo.co.id
https://almadaniyahmadani.wordpress.com/
Hp. 085 2233 79 111

 

Tahun 2005 Salawu masih menempati posisi dimana anak usia produktif dengan angka drof out  SD ke SMP sangat tinggi apalagi untuk melanjutkan ke SLTA dan Perguruan Tinggi. Angka tersebut ditemukan di Salawu bagian selatan, barat dan barat daya seperti Jahiyang, Sundawenang dan sekitarnya dengan alasan ekonomi dan ketersediaan sekolah serta jarak yang sangat jauh. Sejak tahun 2006 maka dirintislah lembaga pendidikan formal dan non formal yang salah satunya SMP al-Madaniyah di Kampung Cibuleud, Desa Sundawenang Salawu yang digawangi para pemuda.

Selanjutnya tahun 2010 didirikan juga SMK Agronomi al-Madaniyah sebagai kelanjutan dari program sebelumnya dengan tujuan menampung siswa-siswi yang berkeinginan sekolah namun tersendat karena mahalnya biaya pendidikan. Bertolak dari kenyataan ini, maka SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH  bertekad untuk menjadi SMK berbasis kemasyarakatan yang profesional dan bermoral dan keberadaannya  dapat dirasakan manfa’atnya bagi semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang kurang beruntung dalam hal ekonomi masih dapat menikmati pendidikan berkualitas sehingga dapat meraih masa depan yang lebih baik.

Dengan latar belakang tersebut, prakata ini dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan ideal dan bisikan moral untuk mengetuk hati dan partisipasi serta komitmen semua pihak agar bersedia menjadi stakeholders SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH. Partisipasi tersebut dapat diwujudkan antara lain dalam bentuk:

  1. Kesediaan untuk menjadi institusi pasangan atau mitra SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH dengan memberikan dukungan dalam perencanaan, pengembangan, penyelenggaraan pendidikan baik dalam penyediaan inprastruktur maupun suprastruktur.
  2. Kesediaan membantu dalam evaluasi program untuk mencapai kompetensi lulusan yang sesuai standar kompetensi nasional berupa kerjasama pelatihan.
  3. Kesediaan memberikan tempat untuk latihan kerja untuk siswa SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH.
  4. Kesediaan untuk menerima lulusan SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH  sebagai mitra yang terampil dan kompeten.
  5. Kesediaan untuk menjadi orang tua asuh bagi siswa yang tidak mampu.
  6. Kesediaan untuk membantu dan memberikan arahan pengadaan modal kerja bagi siswa yang ingin berwirausaha.
  7. Kesediaan untuk memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi.

Kami senantiasa berdo’a, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rezeki dan kemampuan kepada kita semua, sehingga kita dapat menjadi warga Indonesia yang bermakna.

Kepala SMK ALMADANIYAH

KAMAL AL-MARTAWIE

PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

Indonesia yang lebih dikenal sebagai bangsa agraris telah memberikan arah dan identitas kebangsaan dengan komoditas dan rempah-rempah yang tersebar di seluruh antero nusantara. Diakui ataupun tidak, sudah banyak prestasi dan kontribusi masyarakat bagi bangsa ini dengan menyelamatkan sektor pertanian sebagai penyumbang devisa terbesar bagi negara. Namun seiring perjalanan waktu masyarakat ini terpinggirkan oleh sistem kapitalistik industrialis yang mewarnai dan menyeret petani ke luar area nyaman.
Era pasar bebas Asia sudah dipukul gongnya awal 2010 lalu, dan untuk kawasan Asia-Pasifik akan dimulai pada tahun 2020. waktu untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, padahal faktor utama yang menentukan mampu tidaknya bersaing adalah SDM yang memiliki kompetensi, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu menghasilkan produk unggul serta memiliki moralitas yang tinggi. Karena itu, penyiapan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan terencana dengan sistemik.
Pesatnya kemajuan teknologi industrialisasi, informasi dan komunikasi, serta meluasnya perkembangan infrastruktur ekonomi dan informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintahan dan bahkan bertani. Perkembangan ekonomi pertanian berbasis ilmu pengetahuan dan tekhnologi  telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi ekonomi lestari dan berkelanjutan akan menentukan masa depan kesejahteraan dan keselamatan bangsa.
Agar tidak tertinggal terhadap negara-negara maju, Indonesia perlu melakukan terobosan sehingga secara efektif dapat menyelamatkan alam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang merupakan landasan yang kokoh bagi pembangunan secara berkelanjutan. Di dalam hal ini pemerintah perlu secara proaktif dan dengan komitmen yang tinggi membangun kesadaran politik dan menumbuhkan komitmen nasional, membentuk lingkungan bisnis yang kompetitif, serta meningkatkan kesiapan masyarakat untuk mempercepat pengembangan dan pendayagunaan teknologi telematika secara sistematik.
Salah satu tantangan dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah kualitas tenaga kerja tingkat menengah yang mampu menguasai iptek, memiliki keterampilan tinggi dan berprilaku professional, dan hal ini hanya dapat diupayakan melalui pendidikan dan diklat. Professionalisme guru merupakan suatu tuntutan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya untuk mewujudkan pencapaian SMK berstandar Nasional/ Internasional. Dalam merespon berbagai kondisi tersebut, maka salah satu kebutuhan penting adalah terlaksananya diklat guru yang mampu menghasilkan kualitas tamatan SMK
Untuk terselenggaranya kegiatan pendidikan secara mandiri dan teroganisir secara baik, dan untuk mengembangkan program yang telah digariskan oleh Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional, telah mendorong pihak sekolah untuk berupaya mengembangkan kualitas pendidikan yang diselenggarkan. Untuk meningkatkan mutu penididkan khususnya pendidikan sekolah swasta, ini perlu didukung oleh beberapa aspek yaitu: Managemen sekolah, kualitas guru, sarana dan prasarana pendidikan serta anggaran dana sekolah.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH.) yang mempunyai khas dengan Pesantren Tradisionalnya yang kental berniat membantu pemerintah dalam pembentukan SDM yang berkualitas baik dalam IPTEK maupun dalam IMTAK sebagai bekal hidupnya.
Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai oleh SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH.yaitu Peningkatan pendidikan yang berkualitas baik dari segi menagemen, guru, saran dan prasarana yang lengkap. Maka berdasarkan latar belakang diatas, maka SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH bermaksud mohon bantuan dana untuk program pengembangan yang hendak dituju.

B.    DATA SEKOLAH

  1. Nama Sekolah   : SMK Agronomi al-Madaniyah
  2. Program Studi   : Agrobisnis Tanaman Pangan Hortikultura)
  3. Alamat
  • Kampung            : Cibuleud
  • Desa                      : Sundawenang
  • Kecamatan        : Salawu
  • Kabupaten         : Tasikmalaya
  • C.P                        : 085 2233 79 111

4.    NSS/NSM/NDS/NPSN    :
5.    Jenjang Akreditasi          :
6.    Tahun Pendirian           : 2010
7.    Tahun Beroperasi        : 2010
8.    Kepemilikan Tanah    : SMK
9.    Status Tanah                 : SMK AGRONOMI ALMADANIYAH
10.  Luas Tanah                    : 2.800 m2
11.     Status Bangunan       : Yayasan
12.    Luas Seluruh Bangunan    : 441 m2
13.    Nomor Rekening         :

C.    BADAN PENYELENGGARA

  1. Nama Yayasan: Almadaniyah Salawu
  2. Alamat Yayasan : Kp Cibuleud. Sundawenang. Salawu
  3. Pengurus Yayasan  : Ketua : Ujang Ruhimat S.Ag
  4. Sekretaris : Taufiq Sofyan
  5. Bendahara :  Ita Rosita
  6. Akta Notaris :
Rachmahnia, SH., M.Kn Badan Hukum
No. 01 Tanggal 30 Oktober 2007
S.K.Menkum dan HAM No: C-4102.Ht.01.02.tahun 2007

D.    STRUKTUR ORGANISASI SMK AGRONOMI ALMADANIYAH

  • Kepala Sekolah   : Kamal Almartawie
  • Wakasek Kurikulum : Dede Komar Rusfendi
  • Wakasek Kesiswaan : Taofiq Sofyan
  • Wakasek Humas :
  • Wakasek Sarana Prasarana : Ruslan Suparlan
  • Koordinator BK :
  • Kaprog agronomi :
  • Laboran :
  • Bendahara TU:
  • Staf TU:
  • Wali Kelas : Evi Sumiati

E.    VISI/ MISI

Visi SMK agronomi Al-Madaniyah
“Menjadi Laboratorium dan Lumbung Generasi Agricultur di Tahun 2013”
Misi:

  1. Menjadi pusat pendidikan menengah berbasis agronomi dan Agrobisnis di Kabupaten Tasikmalaya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan aktif, efektif, efesien, berkualitas, dan fleksibel yang berorientasi pada pencapaian kompetensi berstandar Nasional.
  3. Menghasilkan lulusan profesional di bidang pertanian untuk memenuhi tuntutan dunia usaha dan dan akademik serta mengintensifkan hubungan dengan DU/DI yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
  4. Membekali peserta didik untuk mampu mengembangkan diri.
  5. Menanamkan sikap Akhlakul Karimah yang didasari IMTAK dan IPTEK.
  6. Menjadi model pendidikan pertanian alternative pedesaan.
  7. Menjadi model pendidikan berbasis lingkungan hidup.
  8. Menjadi model sekolah pertanian berwawasan kepesantrenan.
  9. Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif secara intensif

F.    TUJUAN dan SASARAN

Untuk merealisasikan visi dan misi di atas maka sampai tahun 2011 di SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH diharapkan akan tercapai beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kinerja pengelolaan sumber daya SMK.
  2. Meningkatkan  kinerja KBM SMK.
  3. Meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan,  dan sikap profesional Guru SMK.
  4. Meningkatkan mutu SMK dengan menyiapkan SMK sebagai CENTER AGRICULTUR melalui pemasyarakatan teknologi PERTANIAN di sekolah dan masyarakat bersama stake holders yang dalam hal ini deptan dan Penyuluh pertanian.
  5. Pengadaan dan pemeliharaan fasilitas sekolah.
  6. Mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana penujang & program pendidikan untuk mendukung KBM dan Hasil belajar siswa.

Sedangkangkan sasaran kegiatan pada tahun 2011 ini akan difokuskan pada:

  1. Pengadaan Bahan Praktikum
  2. Pengadaan teknisi untuk maintenance dan repair dalam bidang pertanian
  3. Pemenuhan sebagian buku referensi dan peralatan penunjang kegiatan KBM.

G.    KEBIJAKAN MUTU
Agar tujuan tersebut terwujud, maka kebijakan mutu adalah sebagai berikut:
Menghasilkan lulusan yang percaya diri, bermoral dan produktif melalui sistem pendidikan dan manajemen sekolah yang bermutu tinggi maupun melalui kerjasama dengan dunia usaha dan industri secara berkelanjutan

H.    MOTTO
Guna menggelorakan semangat untuk mencapai kebijakan mutu, maka disusun moto SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH sebagai berikut:
“PINTER-BENER-SINGER-BAGEUR”

I.    POTENSI DAN PROGRAM YANG DIKEMBANGKAN

a.    Potensi dan Kelemahan Internal

Potensi internal berisi inventarisasi dan identifikasi sumber daya yang dimiliki sekolah baik fisik (seperti sarana dan prasarana) maupun nonfisik (seperti hubungan kerja sama dengan dunia kerja) dan potensial dikembangkan dan diberdayakan untuk menunjang pelaksanaan program dan pencapaian tujuan.
Kelemahan internal berisi inventarisasi dan identifikasi permasalahan dan atau kekurangan yang masih dimiliki sekolah dan potensial mengganggu/ menghambat pelaksanaan program kerja sekolah.
Potensi dan kelemahan internal SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH Tasikmalaya yang teridentifikasi dalam rencana pengembangan SMK Berstandar Nasional adalah sebagai berikut

b.    Potensi (Kekuatan ) Internal :

  1. Tenaga pengajar memiliki latar belakang pendidikan sarjana (S1) yang masih berusia produktif.
  2. Animo siswa yang memilih SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH Fasilitas bangunan dan peralatan cukup memadai.
  3. Sekolah memiliki institusi pasangan yang releven dengan program keahlian.
  4. Profil kemampuan tamatan dapat diterima oleh DU/DI
  5. Adanya harapan penyelenggaraan pendidikan dan latihan di SMK AGRONOMI AL-MADANIYAH Tasikmalaya sesuai dengan tuntutan standarisasi kerja dalam lingkup Teknologi Informal.
  6. Adanya fasilitas laboratorium praktik, dan sarana pendukung yang siap untuk digunakan dan dikembangkan

c.    Kelemahan Internal:

  1. Wawasan enterpreunership guru masih kurang.
  2. Bahan pendukung KBM kurang lengkap
  3. Tenaga M & R belum tersedia.
  4. Pelaksanaan pembelajaran dengan pola pendekatan CBT, ML dan PBT belum terlaksana dengan baik.
  5. Pengelolaan manajemen sekolah berorientasi mutu belum optimal.
  6. Belum terpenuhinya kebutuhan sarana prasarana yang memadai terutama ruang teori.
  7. Belum tersedianya anggaran biaya pendukung proses pembelajaran

d.    Potensi dan Tantangan Ekternal

Potensi eksternal berisi inventarisasi dan identifikasi sumber daya yang ada di luar sekolah baik fisik (seperti Sarana Prakerin di dunia kerja dan Lemdiklat lainnya) maupun nonfisik (seperti program pembangunan daerah, peluang usaha dan lapangan kerja bagi tamatan) dan potensial untuk dijadikan sumber daya luar (outsourcing) bagi pelaksanaan dan pencapaian tujuan program.
Tantangan eksternal berisi inventarisasi dan identifikasi permasalahan dan atau kelemahan yang ada di lingkungan luar sekolah dan berpotensi menghambat/mengganggu pencapaian tujuan program.
e.    Potensi ( Peluang ) Eksternal

  1. Adanya kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap keberadaan institusi (sekolah).
  2. Adanya dukungan dari pemerintah daerah.
  3. Keinginan lulusan untuk  berwirausaha.
  4. Peluang untuk mengembangkan usaha dengan pihak lain terbuka.
  5. Produk hasil KBM dapat dipasarkan.
  6. Hubungan sekolah dengan Institusi pasangan cukup harmonis.

f.    Tantangan Eksternal

  1. Persaingan produk sangat ketat.
  2. Kebijakan pemda yang mengatur hubungan antara sekolah dengan Dunia Usaha/industri belum memadai.
  3. Arus globalisasi dan perubahan IPTEK sangat cepat.
  4. Kondisi sosial ekonomi orang tua pesera relatif rendah.
  5. Dunia Usaha/Dunia Industri menuntut lulusan yang berkualitas.
  6. Dunia Usaha/Dunia Industri belum seluruhnya menggunakan sertifikat uji kompetensi sebagai persyaratan kerja.
  7. Biaya pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan fasilitas praktik relatif tinggi
  8. Permasalahan dan Alternatif Pemecahan

Daftar permasalahan berdasarkan hasil analisis potensi dan tantangan baik internal maupun eksternal, dilengkapi dengan langkah-langkah pemecahan yang dapat dan akan dilaksanakan sekolah.

Memperhatikan hasil analisis internal dan eksternal, maka sasaran kegiatan yang dapat dilakukan dengan Pengembangan SMK Berstandar Nasionaladalah sebagai berikut:

1. Merealisasikan adanya Program Keahlian yang ada di SMK sesuai dengan tuntutan kualifikasi standar lapangan kerja.

2. Meningkatkan profesionalisme guru dengan cara :

  • Melaksanakan konsolidasi organisasi manajemen sekolah.
  • Mensosialisasikan dan melaksanakan kegiatan program peningkatan profesionalisme guru.

3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pengajar dengan cara :

  • Mengadakan program sertifikasi  terstandar  bagi guru   mata diklat produk.
  • Mengadakan program pelatihan bagi tenaga pendidik ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Melaksanakan program magang  pada dunia industri dan dunia usaha atau institusi terkait dengan program keahlian yg di SMK.

4. Meningkatkan kualitas Siswa pada semua bidang diklat melalui:

  • Mengembangkan paket-paket pembelajaran dan pendekatan pembelajaran.
  • Mengembangan sistem dan komponen pengujian dan sertifikasi.
  • Mengembang program ektrakurikuler, khususnya Wawasan Keislaman Siswa.

5. Melakukan promosi dengan cara :

  • Sosialisasi Langsung kepada masyarakat
  • Sosialisasi program melalui media cetak dan elektronik

6. Pengadaan  sarana prasarana, dengan cara :

  • Pengadaan sarana & prasarana praktek yang jumlah itemnya kurang.
  • Pengadaan Sarana pembelajaran audio visual.
  • Optimalisasi sarana yang sudah ada

7. Penggalangan dana melalui :

  • Pendekatan kepada orang tua siswa dan masyarakat
  • Mendapatkan bantuan pemerintah.
  • Pemberdayaan unit bisnis sekolah

8. Pemberdayaan Unit Bisnis :

  • Penyusunan bahan ajar yang mengintegrasikan program diklat dengan Unit Produksi
  • Mengembangkan diversifikasi kegiatan usaha Unit Produksi yang berkaitan dengan program keahlian Tanaman Pangan dan Hortikultura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s