1. A. MUQODIMAH

Al-Madaniyah secara harfiyah berarti peradaban yang diambil dari kata Madinah yaitu kota. Semangat dari nama madani ini dimaksudkan untuk membentuk masyarakat sipil berperadaban atau civil society. Pusat gerakan social ini adalah masyarakat dalam wujud culture itu sendiri bukan struktur seperti yang terdokumentasikan dalam falsafah yang terpatri menjadi ritus masyarakat dalam keseharian.

Sebaran komunitas ini berupa kreativitas seni, pencak silat, handycraf, pertanian, politik, pendidikan hingga agama dapat ditemukan di kampung kecil ini. Bagi pengurus yayasan, kondisi seperti ini tentu menjadi kewajiban dan dorongan untuk meluruskan dan mempertahankannya sehingga memberi kontribusi bagi keberlangsungan dan kemajuan masyarakat ke-depan.

Keberadaan Yayasan lebih difungsikan sebagai mitra sharing atau lebih sederhananya seumpama cawan, wadah, fasilitator dan ruang kreatifitas masyarakat dan rumah bersama. Kelahirannya didasari atas kesadaran akan keberpihakan kepada masyarakat mustadz’afin-proletar-pinggiran terpinggirkan oleh kebijakan pembangunan yang lebih bermuara di kota dan hanya berorientasi infrastruktur..

Gagasan dasar tersebut kemudian dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan pengembangan kesadaran, wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pemenuhan kebutuhan praktis dan strategis dari komunitas pedesaan.

Yayasan Al-Madaniyah ini terletak di Kp. Cibuleud Desa Sundawenang Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya yang berkonsentrasi gerakan dibidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

2 responses »

  1. Vian mengatakan:

    Wah hebat …
    Terus berkaya, Sukses selalu buat yayasan Al-madaniyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s